This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sabtu, 03 November 2012

Proyeksi Kebutuhan Pabrik Semen

Sebagai komoditas strategis, semen sudah dianggap sebagai kebutuhan pokok pembangunan manusia modern, sehingga menjadi sesuatu yang mutlak. Namun belakangan muncul kekhawatiran kelangkaan pada tahun-tahun mendatang. Saat ini kapasitas produksi terpasang industri semen nasional sekitar 60,6 juta ton per tahun, dengan tingkat konsumsi 53 juta ton. Masih surplus, namun dengan tingkat pertumbuhan konsumsi sekitar 6% persen per tahun, dan peningkatan pembangunan infrastruktur, prediksi ada kelangkaan pada 5 tahun mendatang masing dapat diatasi.

Kosentrasi pembangunan infrastruktur di luar Jawa dan pemberian kewenangan pengelolaan keuangan dari pemerintah pusat ke daerah yang diharapkan meningkat permintaan semen belum terjadi. Konsumsi semen di Kalimantan mencapai 17%, Sumatera 14% dan Jawa tetap tertinggi dengan kenaikan 21% pada tahun 2012 dibanding tahun sebelumnya. Bisa saja kekekurangan stok diimpor dari China, namun para pemilik modal dan elite pemerintah lebih memilih membangun pabrik sebagai solusi, kendati memiliki risiko sosial-lingkungan yang tinggi dan membutuhkan investasi besar.

Dengan masa konstruksi pembangunan pabrik semen sekitar 3-4 tahun, tentu tidak bisa lagi menunda pembangunan pabrik baru. Padahal penambahan kapasitas sekitar 2,5 juta ton per pabrik membutuhkan dana 275 juta-325 juta dolar AS (sekitar Rp 2,925 triliun). Produsen terbesar Semen gresik Grup akan memiliki kapasitas produksi 26 juta ton tahun 2012 dengan penambahan kapasitas produksi 5juta pertahun akan tetap berusaha mempertahankan pangsanya yang lebih dari 40% (peringkat pertama). Sedangkan Indocement pada peringkat kedua dengan pangsa pasar 32% pada tahun 2011 juga akan melakukan ekpansi baik dengan cara renovasi maupun.dengan menambah unit–nit produksinya dan pada tahun 2014 kapasitasnya akan mencapai 23,1 juta ton/tahun.

Ada 4 faktor utama yang menjadi pendorong pertumbuhan konsumsi semen domestik yaitu pertumbuhan ekonomi nasional yang masih cukup baik, tingkat bunga yang menarik, pembangunan infrastruktur secara besar-besaran, dan tingkat konsumsi per kapita yang masih sangat rendah yang secara potensiil akan meningkatkan kebutuhan semen dengan meningkatnya daya beli.

Selama ini pangsa pasar semen curah hanya sekitar 20% saja, sedangkan 80% sisanya masih dipegang oleh semen dalam kantong. Ini memperlihatkan bahwa pemakaian semen untuk rumah tinggal yang dibeli eceran masih sangat dominan. Dengan adanya Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang akan lebih mendorong pembangunan infrastruktur dan karenanya peningkatan kebutuhan semen untuk proyek-proyek infrastruktur akan merubah pangsa pasar semen curah menjadi lebih membesar.

Selain itu sampai saat ini konsumsi semen Indonesia masih pada peringkat rendah dibandingkan negara-negara lain di dunia karenanya potensi peningkatan konsumsi semen nasional masih sangat besar. Grafik di bawah memperlihatkan posisi konsumsi semen per kapita Indonesia dibanding negara lain pada tahun 2010. Dengan target pendapatan per kapita US$ di atas 14,000 pada tahun 2025 dari US$ 3,000 pada tahun 2011 sesuai Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) akan memungkinkan potensi ini direalisir secara maksimal.

Konsumsi semen per kapita Indonesia terus tumbuh dari tahun dari tahun 2001 sampai tahun 2011 kecuali pada saat krisis ekonomi yang melanda Asia tahun 1998-1999. Dan baru kembali pada posisi tahun 1997 setelah 7 tahun berikutnya. Target PDB di atas US$ 4,0 triliun pada tahun 2025 dari US$ 700 milyar pada tahun 2010 yang disebut dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) akan lebih mendorong pertumbuhan konsumsi semen nasional.

Pertumbuhan konsumsi semen Indonesia yang berjalan paralel dengan pertumbuhan ekonomi akan terus berlanjut apalagi mengingat target pertumbuhan ekonomi 6,4 – 7,5 % pada periode 2011 – 2014 dan 8 - 9% pada periode 2015 – 2025 sesuai dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dicanangkan Pemerintah SBY. (sumber : Wikipedia)

Pengembangan Industri Semen Indonesia

Selama tahun 2011 yang lalu, konsumsi semen Indonesia menunjukkan tingkat pertumbuhan yang begitu signifikan sebesar 18% apabila dibandingkan dengan tahun 2010 dengan jumlah volume mencapai 48,0 juta ton. Angka tersebut adalah pencapaian sekitar 82% dari total kapasitas terpasang yang ada saat ini. Seperti diketahui bahwa kapasitas terpasang untuk industri semen hingga saat ini adalah 56 juta ton dari 9 pabrik.

Jika kita melihat perjalanan industri semen selama 15 tahun terakhir seperti pada grafik, terlihat bahwa pertumbuhan pada tahun 2011 merupakan tingkat pertumbuhan yang tertinggi, di bawah pencapaian tertinggi sebelumnya pernah dicapai yaitu pada tahun 2000 yaitu sebesar 18,7% setelah sebelumnya didera krisis ekonomi sejak tahun 1998 hingga 1999. Sedangkan titik terendah dari pertumbuhan industri semen adalah pada tahun 1998 dengan prosentase hanya sebesar -30,5%. Jika dirata-ratakan angka prosentase pertumbuhannya selama 10 tahun tersebut adalah sekitar 6,5% bahkan bila dihitung sejak 20 tahun terakhir angka rata-rata pertumbuhan masih sekitar 6,4%. Dengan dimulainya beberapa proyek infrastruktur secara besar-besaran dan dalam waktu yang bersamaan pada pertengahan tahun 2011 menyebabkan permintaan semen meningkat begitu tajam.

Pertumbuhan tertinggi pada tahun 2011 terjadi di wilayah Jawa dengan tingkat pertumbuhan sebesar 21%. Hal ini terjadi karena fokus dari pembangunan masih berpusat di Jawa terutama di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, seperti pembangunan beberapa ruas jalan tol yang, properti, serta perumahan yang terus semakin marak. Di beberapa wilayah lainnya juga mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi, seperti di Sumatera 14%, Kalimantan 17%, Sulawesi 16%, serta Bali-Nusa Tenggara 19%. Sementara itu untuk wilayah yang masih mengalami penurunan hanya terjadi di Papua yaitu sekitar 29%, hal disebabkan karena masih sering terkendalanya angkutan semen ke beberapa pasar yang ada di sana akibat dari kurangnya sarana dan prasarana transportasi baik darat maupun laut, sehingga distribusi semen sering terhambat.

Berdasarkan beberapa data serta informasi yang ada, tidak menutup kemungkinan bahwa pada tahun 2012 ini yang baru berjalan beberapa hari, pertumbuhan semen masih akan mengalami peningkatan walaupun tidak sebesar peningkatan tahun 2011. Dengan melihat serta mencermati berbagai indikator yang menyebabkan penguatan permintaan semen masih terus berlangsung, salah satunya adalah program MP3EI yang dicanangkan oleh Pemerintah dengan percepatan pembangunan infrastrukturnya, maka sangat dimungkinkan bahwa pertumbuhan antara 8% hingga 10% masih dapat tercapai pada tahun 2012 ini dengan kesiapan dan kemampuan dari industri semen di Indonesia untuk mendukung program tersebut.

Pada 2012, volume penjualan semen bisa meningkat menjadi 52 juta ton dari 48 juta ton pada tahun sebelumnya atau kenaikan sekitar 10% meskipun akan dipengaruhi oleh dampak krisis ekonomi di Eropa, yang mana krisis di kawasan euro itu bisa mempengaruhi aras investasi yang berhubungan erat dengan proyek properti dan infrastruktur. Namun, ancaman krisis tersebut bisa dikompensasi oleh kenaikan konsumsi semen yang didorong oleh proyek masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3E1).

Dirjen Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto juga memperkirakan penjualan semen pada 2012 bisa meningkat setara dengan pertumbuhan ekonomi. "Kalau pertumbuhan ekonomi 6,7%, seharusnya konsumsi semen bisa sampai 10%, bergantung pada sektor mana yang didorong," ujarnya.

Kenaikan permintaan semen, akan dipacu oleh peningkatan kapasitas produksi industri semen nasional seiring dengan realisasi investasi pembangunan pabrik baru. Pada 2012, PT Semen Tonasa dan PT Semen Gresik akan, menambah kapasitas produksi, sementara pabrik milik PT Lafarge Indonesia di Nanggroe Aceh Darussalam diperkirakan segera beroperasi penuh. Selain itu, tuturnya, akan ada penambahan kapasitas melalui investasi badan usaha milik negara dari China, yakni China Anhui Conch Company Ltd, di Kalimantan Selatan yang saat inimasih terkendala masalah lahan. Grup Semen Gresik juga dikabarkan akan membangun pabrik semen di Kalimantan Timur pada 2012.

Data Kemenperin menunjukkan kapasitas terpasang sembilan perusahaan semen domestik pada 2012 mencapai 56,8 juta ton. Semen Gresik Grup, yang terdiri dari PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa dan PT Semen Padang, merupakan produsen terbesar dengan kapasitas terpasang 26,1 juta ton per tahun. Dua produsen besar lain adalah PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk yang berkapasitas produksi 21,1 juta ton per tahun dan PT Holcim Indonesia Tbk yang mampu memproduksi hingga 8,7 juta ton per tahun. (sumber : Wikipedia)

Pabrik semen akan segera beroperasi di Banyumas

Pabrik semen sebentar lagi akan beroperasi di pakunya tanah Jawa, Republik Bawor tempat Peang dan Penjol, Gareng dan Petruk saling bersenda gurau menikmati kehidupan. Akankah memberikan manfaat bagi penduduk sekitar dan pengusaha transportasi lokal, atau karoseri lokal.

Menandai penegasan dari bupati Banyumas, Mardjoko Senin (8/10/2012) bahwa ijin pembangunan pabrik semen yang rencananya akan di bangun di kecamatan Ajibarang dengan nama Pabrik Semen Panasia oleh PT Sinar Tambang Arthalestari telah lengkap termasuk perizinan terkait dengan analisis dampak lingkungannya.

Perizinan meliputi aspek izin kelayakan lingkungan hidup kegiatan pembangunan pabrik semen terpadu di Kecamatan Ajibarang dan Gumelar (Banyumas), dan izin lingkungan atas kegiatan pembangunan pabrik semen terpadu di Kecamatan Ajibarang dan Gumelar oleh PT Sinar Tambang Arthalestari dari Bupati Banyumas, rekomendasi teknis usaha pertambangan atau izin usaha pertambangan (IUP), eksplorasi mineral bukan logam dari Gubernur Jateng, IUP eksplorasi dari Bupati Banyumas, serta izin prinsip penanaman modal dari Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Infrastruktur pabrik berikut komponen pendukung termasuk jalan produksi dan jalan tambang akan dibangun di kawasan seluas 49,6 hektar di Desa Pancasan, Karangbawang dan Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang. Sementara untuk penambangan batu gamping seluas 393,7 hektar di Desa Sawangan, Karangbawang, Desa Kracak, dan Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, serta Desa Paningkaban dan Karangkemojing, Kecamatan Gumelar, ditambah 95,6 hektar penambangan tanah liat di Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang, yang menjadi bahan baku semen.

Apabila nanti telah beroperasi di harapkan kehadiran pabrik ini mampu menumbuhkan sektor-sektor industri lain baik dari hulu maupun hilirnya, termasuk di antaranya sektor transportasi, mulai dari penambangan yang menggunakan armada dump truck (karoseri dump truck), pengiriman hasil produksi truk bak flat bed (karoseri bak truk), maupun pengiriman dalam bentuk bubuk/serbuk semen bulk carrier truck (karoseri bulk carrier). Dengan demikian secara tidak langsung keberadaan pabrik ini mampu menumbuhkan industri karoseri lokal.

Hori wing compressor tangki bulk carrier

Hori wing compressor salah satu piranti tambahan untuk karoseri model bulk carrier atau karoseri tangki angkutan semen curah / bubuk / powder. Kompresor unik oleh pembuatnya Hori Wing Enggineering Co Ltd Japan di namai Wing Compressor, memiliki mekanisme dan fungsi yang sama sekali berbeda dari kompresor konvensional jenis reciprocating.
Kinerja Hori Wing Compressor sangat baik dan tiada bandingannya, karenanya produk ini banyak di gunakan oleh perusahaan karoseri di dunia untuk membangun dan merakit karoseri tangki bulk carrier, kehebatan Hori Wing compressor ini pula menjadikan Hori Wing Enggineering sebagai salah satu perusahaan terkemuka di dunia, dan pangsa pasarnyapun cukup baik.
Aplikasi termasuk bubuk semen, fly ash, PVC bubuk, oksida besi, kalsium karbonat, kalium karbonat, pakan, tepung, beras, gula pasir, serbuk kaca, cat bubuk, urea, pasir silika, soda kapur, karbon aktif, kokas bubuk, dan karbon hitam. Dalam industri karoseri alat ini di pakai untuk kelengkapan karoseri tangki bulk carrier.
 
Mekanisme dan deskripsi singkat mengenai alat Hori Wing Compressor ini kurang lebihnya sebagai berikut :
1. Mekanisme goyang yang unik untuk rotor memungkinkan desain yang kompak, meminimalkan getaran, dan menjamin efisiensi yang tinggi. Fitur yang paling menonjol dari Compressor Wing adalah mekanisme goyang unik untuk rotor. Seperti yang ditunjukkan pada Gambar. 1, rotor membuat goyang gerak daripada rotasi dalam silinder. Dengan demikian, gas suction dan discharge yang dilakukan secara bersamaan, dan dalam satu siklus gerak goyang, gas di setiap ruang dalam bentuk segmen melingkar disampaikan dua kali. Konsep dasar telah memungkinkan Compressor Wing harus dirancang kompak. Seperti yang ditunjukkan pada Gambar. 2, penghapusan kebutuhan untuk kepala silang, yang merupakan bagian penting dari kompresor jenis reciprocating, membuat desain lebih kompak.
2. Sepenuhnya bebas minyak atau pelumasan,  untuk cara geser bagian dalam silinder dan rotor, bar segel yang terbuat dari self-lubricating karbon dan bahan khusus yang digunakan, dengan demikian, tidak ada kebutuhan untuk minyak pelumas dari dalam silinder, dan gas habis bersih, yang bebas dari minyak. Bar segel disediakan dengan konstruksi unik yang disebut tipe dibatasi satu, memiliki kehidupan semi permanen.
3. Memperkecil getaran dan kebisingan, rotor menyediakan gerak goyang daripada gerak reciprocating linier, seperti kinerja kompresor jenis reciprocating, dengan demikian getaran yang akan dibatalkan dalam model Hori Wing Compressor  harus diminimalkan, sehingga suara yang juga diminimalkan.
4. Hori Wing Compressor dapat menampung hampir semua jenis gas khusus. Hori Enggineering telah membuat R & D tentang bahan penyegelan poros dan bagian kontak gas rotor untuk menyikapi gas khusus yang tidak dapat diakomodasi oleh para pembuat kompresor merk lainnya. Sebagai akibat dari hal ini, menjadikan Hori Enggineering terkenal sebagai produsen kompresor gas yang unik dalam industri, menyediakan sejumlah kompresor mesin gas, kompresor manufaktur nitrogen tanaman, uap bensin pompa pemulihan sistem vakum (yang telah digunakan di lebih dari 1000 dalam negeri Jepang dan tempat-tempat di luar negeri).
5. Hori Enggineering juga merupakan produsen yang luar biasa dari kompresor dengan tekanan rendah (2 ㎏ f/cm² gage) spesifikasi. Untuk di pakai dalam transportasi pneumatik bubuk, tekanan rendah (2 ㎏ f/cm² gage) kompresor umumnya digunakan sebagai pengganti jenis sekrup umum, yang tidak cocok untuk aplikasi seperti itu. Kompresor tekanan rendah dapat dirancang dan diproduksi sebagai analog ke kompresor untuk trailer massal pneumatik, yang Hori Engineering adalah merupakan hal khusus.
 

Isu ekologi, karoseri bulk carrier tank solusinya.

Dalam kehidupan sehari-hari kita tak lagi bisa lepas dari kondisi dan industri semen, pembangunan terjadi di mana-mana, perumahan, perkantoran, jalan dan jembatan, apartemen, perbaikan bangunan dan lain sebagainya. Banyak sendi-sendi pembangunan yang bergantung pada barang produksi ini yaitu semen.
Pabrik semen di Indonesia jumlahnya hanya beberapa saja yang tersebar di berbagai wilayah dan pulau di Indonesia. Jumlahnya yang masih sedikit sangat membutuhkan peran transportasi untuk memindahkan produk semen ini dari kota ke kota, lintas propinsi dan lintas pulau. Truk transportasi semen memegang peran vital dalam distribusi produk ini.
Salah satu peran dalam bidang transportasi produk semen ini adalah kehadiran bulk carrier truck (truk yang di lengkapi dengan karoseri tangki), karoseri tangki semen (bulk carrier truck) menjadi salah satu aspek penting dalam melestarikan dan pengangkutan semen terutama karena perhatian masyarakat umum sehubungan dengan isu-siu ekologi di abad modern ini. Kebanyakan ahli mengganggap bahwa perusahaan pembuat semen menjadi salah satu penyebab berbagai masalah lingkungan, terutama dampak emisi CO2 yang di timbulkan oleh kegiatan industri semen, dan industri semen menyumbang total emisi CO2 sebesar 5%.
Kekhawatiran tersebut tidak berhenti pada satu kegiatan industri yang menimbulkan emisi CO2 ini, semen yang merupakan dan berbentuk serbuk dengan partikel-partikel kecil yang lembut dan halus, sangat mudah tertiup angin seperti debu tanah. Ini menjadi sumber utama dari polusi yang membahayakan lingkungan, apalagi di lapangan masih sangat banyak moda transportasi truk semen yang masih menggunakan truk dengan model karoseri flat bed, karoseri tanpa dinding, karoseri tanpa pintu di bagian belakang. Ceceran semen yang tumpah dari karung-karung semen di biarkan tertiup angin dan berterbangan sepanjang jalan. Kebutuhan sebuah transportasi barang secara massal dan aman adalah sebuah keniscayaan yang harus segera di perhatikan secara serius jika kita melihat dampak lingkungan yang di timbulkannya.
Melestarikan/menjaga kualitas produk semen atau bahan-bahan curah kering lainnya bisa di lakukan dengan menggunakan truk yang di lengkapi dengan karoseri tangki, ini bisa menjaga serbuk semen tumpah atau terbang tertiup angin dan tidak merusak lingkungan. Model karoseri tangki semen (bulk carrier) ini sangat baik terutama karena menyajikan fleksibilitas yang lebih tinggi, yang ideal untuk menangani bahan-bahan curah kering, termasuk semen dan transportasi mineral.
Karoseri tangki semen (bulk carrier truck) yang di lengkapi dengan sedikit teknologi menyediakan penyimpanan yang benar dan memenuhi beberapa syarat yang benar dalam memindahkan mineral semen dari satu kota ke kota lainnya. Dengan transfer pneumatik pada karoseri tangki semen (bulk carrier truck) memastikan tangki semen mampu mencegah partikel semen mengganggu atau merusak lingkungan.
Karoseri tangki semen juga mudah di pasang atau di instal ke atas chassis truk, karena tidak memerlukan persiapan yang khusus, alat khusus, atau penggunaan teknologi tinggi dalam industri karoseri. Karoseri tangki semen (bulk carrier truck) juga bisa di buat menggunakan sistem penggerak prime mover (trailer) yang memungkinkan transportasi yang mudah dan dalam jumlah muatan yang banyak dengan menggunakan trailer konvensional (trailer bulk carrier).