Sabtu, 03 November 2012

Pabrik semen akan segera beroperasi di Banyumas

Pabrik semen sebentar lagi akan beroperasi di pakunya tanah Jawa, Republik Bawor tempat Peang dan Penjol, Gareng dan Petruk saling bersenda gurau menikmati kehidupan. Akankah memberikan manfaat bagi penduduk sekitar dan pengusaha transportasi lokal, atau karoseri lokal.

Menandai penegasan dari bupati Banyumas, Mardjoko Senin (8/10/2012) bahwa ijin pembangunan pabrik semen yang rencananya akan di bangun di kecamatan Ajibarang dengan nama Pabrik Semen Panasia oleh PT Sinar Tambang Arthalestari telah lengkap termasuk perizinan terkait dengan analisis dampak lingkungannya.

Perizinan meliputi aspek izin kelayakan lingkungan hidup kegiatan pembangunan pabrik semen terpadu di Kecamatan Ajibarang dan Gumelar (Banyumas), dan izin lingkungan atas kegiatan pembangunan pabrik semen terpadu di Kecamatan Ajibarang dan Gumelar oleh PT Sinar Tambang Arthalestari dari Bupati Banyumas, rekomendasi teknis usaha pertambangan atau izin usaha pertambangan (IUP), eksplorasi mineral bukan logam dari Gubernur Jateng, IUP eksplorasi dari Bupati Banyumas, serta izin prinsip penanaman modal dari Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Infrastruktur pabrik berikut komponen pendukung termasuk jalan produksi dan jalan tambang akan dibangun di kawasan seluas 49,6 hektar di Desa Pancasan, Karangbawang dan Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang. Sementara untuk penambangan batu gamping seluas 393,7 hektar di Desa Sawangan, Karangbawang, Desa Kracak, dan Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, serta Desa Paningkaban dan Karangkemojing, Kecamatan Gumelar, ditambah 95,6 hektar penambangan tanah liat di Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang, yang menjadi bahan baku semen.

Apabila nanti telah beroperasi di harapkan kehadiran pabrik ini mampu menumbuhkan sektor-sektor industri lain baik dari hulu maupun hilirnya, termasuk di antaranya sektor transportasi, mulai dari penambangan yang menggunakan armada dump truck (karoseri dump truck), pengiriman hasil produksi truk bak flat bed (karoseri bak truk), maupun pengiriman dalam bentuk bubuk/serbuk semen bulk carrier truck (karoseri bulk carrier). Dengan demikian secara tidak langsung keberadaan pabrik ini mampu menumbuhkan industri karoseri lokal.

1 komentar:

  1. semoga dengan adanya pabrik semen ini, kegiatan bulk tanker semen karoseri dan mobil mixer yang akan berlalu lalang tidak mengganggu kegiatan masyarakat sekitar.

    BalasHapus