Sabtu, 03 November 2012

Isu ekologi, karoseri bulk carrier tank solusinya.

Dalam kehidupan sehari-hari kita tak lagi bisa lepas dari kondisi dan industri semen, pembangunan terjadi di mana-mana, perumahan, perkantoran, jalan dan jembatan, apartemen, perbaikan bangunan dan lain sebagainya. Banyak sendi-sendi pembangunan yang bergantung pada barang produksi ini yaitu semen.
Pabrik semen di Indonesia jumlahnya hanya beberapa saja yang tersebar di berbagai wilayah dan pulau di Indonesia. Jumlahnya yang masih sedikit sangat membutuhkan peran transportasi untuk memindahkan produk semen ini dari kota ke kota, lintas propinsi dan lintas pulau. Truk transportasi semen memegang peran vital dalam distribusi produk ini.
Salah satu peran dalam bidang transportasi produk semen ini adalah kehadiran bulk carrier truck (truk yang di lengkapi dengan karoseri tangki), karoseri tangki semen (bulk carrier truck) menjadi salah satu aspek penting dalam melestarikan dan pengangkutan semen terutama karena perhatian masyarakat umum sehubungan dengan isu-siu ekologi di abad modern ini. Kebanyakan ahli mengganggap bahwa perusahaan pembuat semen menjadi salah satu penyebab berbagai masalah lingkungan, terutama dampak emisi CO2 yang di timbulkan oleh kegiatan industri semen, dan industri semen menyumbang total emisi CO2 sebesar 5%.
Kekhawatiran tersebut tidak berhenti pada satu kegiatan industri yang menimbulkan emisi CO2 ini, semen yang merupakan dan berbentuk serbuk dengan partikel-partikel kecil yang lembut dan halus, sangat mudah tertiup angin seperti debu tanah. Ini menjadi sumber utama dari polusi yang membahayakan lingkungan, apalagi di lapangan masih sangat banyak moda transportasi truk semen yang masih menggunakan truk dengan model karoseri flat bed, karoseri tanpa dinding, karoseri tanpa pintu di bagian belakang. Ceceran semen yang tumpah dari karung-karung semen di biarkan tertiup angin dan berterbangan sepanjang jalan. Kebutuhan sebuah transportasi barang secara massal dan aman adalah sebuah keniscayaan yang harus segera di perhatikan secara serius jika kita melihat dampak lingkungan yang di timbulkannya.
Melestarikan/menjaga kualitas produk semen atau bahan-bahan curah kering lainnya bisa di lakukan dengan menggunakan truk yang di lengkapi dengan karoseri tangki, ini bisa menjaga serbuk semen tumpah atau terbang tertiup angin dan tidak merusak lingkungan. Model karoseri tangki semen (bulk carrier) ini sangat baik terutama karena menyajikan fleksibilitas yang lebih tinggi, yang ideal untuk menangani bahan-bahan curah kering, termasuk semen dan transportasi mineral.
Karoseri tangki semen (bulk carrier truck) yang di lengkapi dengan sedikit teknologi menyediakan penyimpanan yang benar dan memenuhi beberapa syarat yang benar dalam memindahkan mineral semen dari satu kota ke kota lainnya. Dengan transfer pneumatik pada karoseri tangki semen (bulk carrier truck) memastikan tangki semen mampu mencegah partikel semen mengganggu atau merusak lingkungan.
Karoseri tangki semen juga mudah di pasang atau di instal ke atas chassis truk, karena tidak memerlukan persiapan yang khusus, alat khusus, atau penggunaan teknologi tinggi dalam industri karoseri. Karoseri tangki semen (bulk carrier truck) juga bisa di buat menggunakan sistem penggerak prime mover (trailer) yang memungkinkan transportasi yang mudah dan dalam jumlah muatan yang banyak dengan menggunakan trailer konvensional (trailer bulk carrier).

1 komentar:

  1. memang untuk menjaga alam agar lebih hijau lagi salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan borongan saat membawa barang, misalnya dengan menggunakan kendaraan berat roda empat seperti karoseri bulk carrier ini gan, yang bisa juga dilakukan di Patria.

    BalasHapus