Dalam kehidupan sehari-hari kita tak lagi
bisa lepas dari kondisi dan industri semen, pembangunan terjadi di
mana-mana, perumahan, perkantoran, jalan dan jembatan, apartemen,
perbaikan bangunan dan lain sebagainya. Banyak sendi-sendi pembangunan
yang bergantung pada barang produksi ini yaitu semen.
Pabrik semen di Indonesia jumlahnya hanya
beberapa saja yang tersebar di berbagai wilayah dan pulau di Indonesia.
Jumlahnya yang masih sedikit sangat membutuhkan peran transportasi
untuk memindahkan produk semen ini dari kota ke kota, lintas propinsi
dan lintas pulau. Truk transportasi semen memegang peran vital dalam
distribusi produk ini.
Salah satu peran dalam bidang
transportasi produk semen ini adalah kehadiran bulk carrier truck (truk
yang di lengkapi dengan karoseri tangki), karoseri tangki semen (bulk
carrier truck) menjadi salah satu aspek penting dalam melestarikan dan
pengangkutan semen terutama karena perhatian masyarakat umum sehubungan
dengan isu-siu ekologi di abad modern ini. Kebanyakan ahli mengganggap
bahwa perusahaan pembuat semen menjadi salah satu penyebab berbagai
masalah lingkungan, terutama dampak emisi CO2 yang di timbulkan oleh
kegiatan industri semen, dan industri semen menyumbang total emisi CO2
sebesar 5%.
Kekhawatiran tersebut tidak berhenti pada
satu kegiatan industri yang menimbulkan emisi CO2 ini, semen yang
merupakan dan berbentuk serbuk dengan partikel-partikel kecil yang
lembut dan halus, sangat mudah tertiup angin seperti debu tanah. Ini
menjadi sumber utama dari polusi yang membahayakan lingkungan, apalagi
di lapangan masih sangat banyak moda transportasi truk semen yang masih
menggunakan truk dengan model karoseri flat bed, karoseri tanpa dinding,
karoseri tanpa pintu di bagian belakang. Ceceran semen yang tumpah dari
karung-karung semen di biarkan tertiup angin dan berterbangan sepanjang
jalan. Kebutuhan sebuah transportasi barang secara massal dan aman
adalah sebuah keniscayaan yang harus segera di perhatikan secara serius
jika kita melihat dampak lingkungan yang di timbulkannya.
Melestarikan/menjaga kualitas produk
semen atau bahan-bahan curah kering lainnya bisa di lakukan dengan
menggunakan truk yang di lengkapi dengan karoseri tangki, ini bisa
menjaga serbuk semen tumpah atau terbang tertiup angin dan tidak merusak
lingkungan. Model karoseri tangki semen (bulk carrier) ini sangat baik
terutama karena menyajikan fleksibilitas yang lebih tinggi, yang ideal
untuk menangani bahan-bahan curah kering, termasuk semen dan
transportasi mineral.
Karoseri tangki semen (bulk carrier
truck) yang di lengkapi dengan sedikit teknologi menyediakan penyimpanan
yang benar dan memenuhi beberapa syarat yang benar dalam memindahkan
mineral semen dari satu kota ke kota lainnya. Dengan transfer pneumatik
pada karoseri tangki semen (bulk carrier truck) memastikan tangki semen
mampu mencegah partikel semen mengganggu atau merusak lingkungan.
Karoseri tangki semen juga mudah di
pasang atau di instal ke atas chassis truk, karena tidak memerlukan
persiapan yang khusus, alat khusus, atau penggunaan teknologi tinggi
dalam industri karoseri. Karoseri tangki semen (bulk carrier truck) juga
bisa di buat menggunakan sistem penggerak prime mover (trailer) yang
memungkinkan transportasi yang mudah dan dalam jumlah muatan yang banyak
dengan menggunakan trailer konvensional (trailer bulk carrier).
memang untuk menjaga alam agar lebih hijau lagi salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan borongan saat membawa barang, misalnya dengan menggunakan kendaraan berat roda empat seperti karoseri bulk carrier ini gan, yang bisa juga dilakukan di Patria.
BalasHapus